Bisnis Jasa Pengetikan dan Print Photo

Postingan sebelumnya dalam kategori bisnis rumahan saya sering mereferinsakan tentang kuliner. Namun kali ini agak sedikit berbeda, saya akan mereferensikan tetang bisnis Jasa Pengetikan dan Cetak Foto di rumah. Ya daripada yang punya printer sering nganggur di rumah mendingan di pake buat cari uang tambahan.

Kenapa saya mereferensikan hal ini karena berkat pengalaman saya kebanyakan orang ingin instan dan tidak mau ribet dalam segala hal termasuk Menyelesaikan Tugas mereka di Kantor dan juga kalau pengen di Foto. Saya sering dapet job sampingan untuk Mengetik dan juga buat foto di tempat kerja, Maklum atasan saya ga mau ribet kalau ada laporan yang harus di buat dan kalau ingin foto kebanyakan dari mereka tidak mau pergi ke photo studio dengan alasan malas pergi. Maka dari itu ini bisa jadi prospek yang lumayan bagus untuk menambah uang jajan kita.

Ya meskipun ga setiap hari dapet job tapi lumayan lah dari pada kita manyun. He he. Tapi kalau sekalinya dapet job bisa lumayan juga saya pernah dapat job yang lumayan waktu seluruh karyawan harus ngumpulin photo untuk data-data jamsostek, langsung action deh di situ dan hasilnya lumayan juga meskipun harus begadang tiap malem. Ini mungkin bisa menjadi sedikit inspirasi buat yang ingin memulai bisnis rumahan (sampingan ini) yang penting jangan malu untuk Promosi, Promosi dan Promosi dan enaknya ga perlu sewa tempat, saya juga hanya di kamar tercinta asalkan konsumen kita puas biasanya mereka suka bicara sama orang lain. Jadi istilahnya dari mulut ke mulut. Tapi kalau yang punya tempat kosong bisa lebih bagus. karena bisa sekalian buka photo copy kalau modalnya gede juga. he he

Untuk memulai bisnis ini dibutuhkan Modal awal yang agak lumayan besar yaitu Komputer PC atau Laptop Kamera digital (Kalau saya pake kamera HP he he) dan Juga Printer. tapi kalau yang sudah punya tidak menjadi masalah tinggal action saja, selain itu diperlukan juga keahlian untuk mengetik cepat dan juga mengedit photo dengan baik. Tapi tenang saya akan memberikan jalan supaya agan bisa belajar dulu.
Untuk belajar cara penggunaan edit photo silahkan Beli buku tentang Photoshop di toko terdekat rumah agan atau bisa belajar kepada orang yang sudah bisa. Pokonya belajar,belajar dan belajar. Oh iya lupa kalau untuk printer lebih bagus yang sudah di infus karena bisa lebih menghemat pengeluaran untuk beli Tinta.

Untuk bahan tambahan yang lain beserta referensi harga :
  • Kertas A4 Rp. 30.000/Rim isi 500 lembar
  • Kertas Photo ukuran A4 Rp.1500/lembar (Beli banyak bisa lebih murah)
  • Tinta Refill Rp. 30.000/ warna 

Harga Yang di tawarkan saya pribadi kepada konsumen untuk Jasa Pengetikan
  • Per Lembar Print non warna Rp. 750 / Lembar 
  • Per Lembar Print warna Rp. 1500 atau tergantung gedenya gambar berwarna
  • Untuk bayar jasa saya masih seridhonya yang ngasih. he he. 
Kalu agan bisa di perhitungkan sendiri jangan mengikuti saya karena kalau jasa seridhonya ada untung dan ruginya. Untungnya kalau konsumennya dermawan suka di kasih gede, tapi ruginya kalau konsumennya pelit merege hese cap jahe ya ngasihnya suka di bawah batas kewajaran. he he. Tapi tetap harus bersyukur slalu atas apa yang telah kita dapatkan. siip deh.

 Harga Yang di tawarkan saya kepada konsumen untuk cetak Photo
  • Photo ukuran 2x3 2pcs Rp. 1500
  • Photo ukuran 3x4 2pcs Rp. 2500
  • Photo ukuran 4x6 1pcs Rp. 2500
Untuk photo ukuran yang lainnya saya suka perhitungkan sendiri termasuk kalau di edit terlebih dahulu fotonya, harganya lebih tinggi dari foto yang tidak di edit. Maklum ilmu itu mahal xi xi xi. Untuk agan juga bisa perhitungkan sendiri kalau harga di atas hanya referensi dari saya saja.

Keuntungan : 
Relatif lah tergantung usaha kita dalam mempromosikan jasa pengetikan dan cetak foto ini agar bisa dapet konsumen yang banyak dan efeknya pendapatan kita bisa bertambah, yang penting kitanya jangan kena syndrome males. Namun untuk keuntungan dari segi modal yang kita keluarkan tentu lumayan. berikut sedikit perhitungannya :

Jasa Pengetikan :
Jumlah 1 rim kertas A4 adalah 500 Lembar
1 lembar print non warna Rp. 750
Berarti 500 x Rp 750 = Rp. 375.000 (Modal kertas A4 Rp. 30.000 dan Tinta paling di itung-itung habis Rp. 10.000 udah ketutup tuh) sisanya tinggal di sedot ke dompet aja. he he

Jasa Cetak Foto :
1 lembar kertas Photo bisa mencetak kurang lebih 50 foto ukuran 2x3
Untuk harga photo ukuran 2x3 sebanyak 2 pcs adalah Rp. 1500
Berarti : 50 : 2 = 25 trus 25 x Rp. 1500 = Rp. 37.500 (Modal tinta aja udah ketutup seharga Rp.30.000 hanya dengan 1 Lembar kertas Photo seharga Rp. 1500 kalau tinta sih paling banter di hitung habis Rp. 2000).

Kalau modal penggunaan listrik sih belum saya hitung nieh. Belom kepikiran, soalnya masih numpang di rumah ortu. he he

Hopplah selesai juga menjelaskannya. Akhir kata dicukup sekian saja postingan kali ini berhubung saya ada kerjaan lain yang harus di selesaikan. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk agan-agan semuanya. Yang penting terus berkreatifitas Salam Sukses Slalu
    Load disqus comments

    0 comments