Manfaat Ibadah

Manfaat Ibadah

•Khutbah Pertama

إنَّ الـحَمْدَ لِلّٰهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللّٰهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

اَللّٰهُمَّ صَلِّي عَلَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدۡ وَعَلَ اٰلِهِ وَصَحۡبِهِ وَمَنۡ تَبِعَهُمۡ بِاِحۡسَانٍ اِلاَّ يَوۡمِ الدِّيۡنَ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
أَمَّا بَعْدُ... فقالا الله تعال فالقران الكريم...
 بسمﷲالرحمانالرحیم
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
الايۃ. صدقاﷲالعضيم سمعنا واطعنا

معسرالمسلمين رحمكماﷲ
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt yang telah memberikan bermacam-macam kenikmatan yang tidak terhitung khususnya nikmat iman dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan salah satu perintah Allah SWT yaitu Shalat Jum'at berjamaah

Shalawat dan salam marilah kita panjatkan kepada Rasul Kita Nabi Muhammad saw, Tidak Lupa kepada Sahabatnya, Keluarganya, Tabiit Tabiin Atba Tabiin dan juga mudah-mudahan sampai kepada kita selaku Umatnya.

Selanjutnya marilah kita tingkatkan Ketaqwaan kita kepada Allah Swt dengan Taqwa yang sebenar-benarnya, yaitu menjalankan segala sesuatu yang telah di perintahkan oleh-Nya dan juga menjauhi segala sesuatu yang dilarang Oleh-nya.

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Kita semua sudah tau bahwa tugas kita hidup didunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah swt

Sebagaimana firman Allah swt. dalam Kitab Suci Al-Qur'an Surat Adz Dzariyat ayat 56

اعوذباﷲمناشيطانالرزیم ....
بسمﷲالرحمانالرحیم
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
الايۃ. صدقاﷲالعضيم

Yang Artinya :
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka Beribadah Kepada-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).

Kita sudah sering mendengar ayat ini. Kita sudah tahu bahwa tugas kita hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah swt.
Kita pun sudah tahu apabila kita beribadah kepada Allah swt dengan cara melaksanakan segala sesuatu yang diperintahkan Oleh Allah dan Rasul-Nya juga menjauhi segala sesuatu yang di larang oleh Allah dan Rasul-Nya.
Maka itu akan menyelamatkan kita kelak di akhirat.

Tapi pernahkah kita bertanya kepada diri pribadi kita masing-masing

Apa manfaatnya ibadah untuk kehidupan kita di dunia ? dan
Apa manfaatnya ibadah untuk kehidupan kita sehari-hari ?

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Mari kita sama-sama renungkan pertanyaan tadi.

Apa manfaatnya ibadah untuk kehidupan kita di dunia ? dan
Apa manfaatnya ibadah untuk kehidupan kita sehari-hari ?

Allah swt memerintahkan kita untuk beribadah tidak lain karena Allah sayang kepada Kita semua.
Karena banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita beribadah, bukan hanya untuk kehidupan kita kelak di akherat tapi juga untuk kehidupan kita di dunia ini.

Karena ibadah mengajarkan kita untuk menjadi orang yang disiplin seperti mengerjakan shalat lima waktu.
Ibadah Juga Mengajarkan kita untuk menjadi orang yang taat dan patuh seperti melaksanakan Shalat Berjamaah.
Ibadah juga mengajarkan kita untuk menjadi orang yang peduli terhadap sesama seperti mengeluarkan zakat dan memberi Sedekah.
Ibadah juga mengajarkan kita untuk menjadi orang yang jujur dan sabar seperti melaksanakan puasa.
Ibadah juga mengajarkan kita untuk menjadi orang yang selalu rendah hati seperti melaksanakan ibadah haji. karena ibadah haji mengingatkan kepada kita bahwa manusia itu tidak ada apa-apanya dihadapan Allah. Apapun jabatannya apapun latar belakang nya tetap yang dikenakan adalah dua helai kain putih yang tak berjahit.

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Tidak ada sedikitpun manfaat ibadah yang kita laksanakan itu untuk Allah. Semua manfaat ibadah itu tidak lain hanyalah untuk kepentingan kita semua.

Mari kita renungkan lagi bersama-sama apa manfaat ibadah untuk kehidupan kita di dunia ini.

Pada kesempatan khutbah kali ini, khatib akan menjelaskan 5 jenis ibadah yang banyak sekali manfaatnya untuk kita.

Pertama, Kita di perintah untuk melaksanakan Shalat Lima Waktu.

Sebelum melaksanakan Shalat kita berwudlu dulu. mari kita cermati Anggota-anggota wudlu yang harus di basuh yaitu anggota tubuh yang tidak tertutup oleh baju dan celana kita seperti wajah, kedua tangan, kedua telinga, kepala dan dua kaki kita. anggota tubuh tersebut selalu terkena debu dan kotor disaat kita beraktifitas sehari-hari. Maka pada saat kita berwudlu anggota-anggota tubuh tersebut kita bersihkan dengan air.
Lima kali dalam sehari sebelum shalat kita membersihkan anggota tubuh kita yang sering terkena debu dan kotor.
Manfaatnya, kita selalu bersih setiap waktu.
Subhanallah
Lalu setelah berwudlu kita melaksanakan shalat. Para ahli Kesehatan banyak yang sudah meneliti bahwa gerakan-gerakan dari shalat itu bermanfaat untuk kesehatan kita.
Subhanallah.

Yang kedua kita diwajibkan Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Melaksanakan Puasa di bulan suci Ramadhan banyak sekali manfaatnya baik dari segi rohaniah maupun dari segi jasmaniah khususnya untuk kesehatan kita.

Puasa diibaratkan sebuah kendaraan yang sedang di servis, begitupun tubuh kita. Dengan puasa di bulan suci Ramadhan tubuh kita di servis sebulan penuh. Banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan kita di antaranya Lambung kita di istirahatkan selama puasa, sebagai sarana detoksifikasi atau mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh kita, bahkan para ahli kesehatan sudah meneliti bahwa ketika seseorang berpuasa maka bisa meningkatkan berlipat-lipat salah satu hormon yang dihasilkan oleh otak kita yang di sebut dengan hormon HGH atau (Human Growth Hormon), dimana kegunaan Hormon HGH tersebut yaitu untuk meregenerasi atau menggantikan sel-sel tubuh kita yang sudah mati dan memperbaiki sel-sel tubuh kita yang sudah rusak dan menjaga organ-organ yang ada di dalam tubuh kita.
Subhanallah

Maka kita dianjurkan bukan hanya puasa wajib di bulan suci Ramadhan saja, tapi kita juga di anjurkan untuk melaksanakan puasa sunat, seperti puasa sunat nabi daud as, puasa sunat senin kamis dan puasa sunat lainnya.

Jadi disini jelas bahwa Allah swt memerintahkan kita berpuasa itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita.

Yang Ketiga Kita di perintah untuk Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran banyak sekali manfaatnya untuk kita, Selain menjadi imam dan pedoman hidup kita. selain akan mendapatkan pahala bagi orang yang membaca dan mengamalkannya. Membaca Al-Quran pun memiliki manfaat untuk kesehatan kita. kita tahu bahwa membaca Al-Quran berbeda dengan membaca buku-buku biasa yaitu ada tata cara khusus dalam membacanya. selain harus benar dalam tajwid dan makharijul khurufnya. kita juga harus bisa mengatur dan menahan nafas, disaat membaca ayat per ayatnya. manfaatnya ini melatih pernafasan kita. Maka disaat kita membaca Al-Quran itu sama seperti olahraga pernafasan. dimana kalau kita membiasakan diri melatih pernafasan itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita.
Subhanallah

Yang Ke empat kita di perintah mengeluarkan zakat dan Sedekah.

Ketika kita mengeluarkan zakat atau sedeqah itu bukan untuk di berikan kepada Allah swt. tetapi tetap untuk diberikan kepada saudara-saudara kita
yang kurang mampu. Tidak sedikitpun Allah SWT meminta jatah dari zakat dan sedekah yang kita keluarkan. jadi disini jelas bahwa kita diperintah mengeluarkan zakat dan sedekah itu semata-mata untuk memberikan manfaat kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu.
Subhanallah

Yang ke lima Kita di perintah melaksanakan Qurban.

Ini pun sama. Daging qurban yang sudah dipotong itu tidak sedikit pun di suguhkan untuk Allah swt. Tapi tetap dibagikan kepada saudara-saudara kita khususnya yang tidak mampu. Bahkan di bulan dzulhijjah ada yang disebut dengan hari tasyrik yaitu tanggal 11,12 dan 13 dzulhijjah. hari tasyrik memiliki arti hari makan. dimana pada hari tasyrik tersebut Allah mengharamkan kita untuk berpuasa. Karena Allah Sayang kepada kita semua, dimana pada hari itu Allah memberikan rezeki kepada kita semua berupa daging qurban sehingga kita bisa menikmati makan daging qurban bersama-sama.
Subhanallah.
Ini harus menjadi salah satu hal yang patut kita syukuri bersama-sama.

Begitupun Sebaliknya, setiap hal yang di larang oleh Allah swt. itu sama sekali banyak madharatnya untuk kita. seperti sedikit contoh meminum khamar atau narkoba, berjudi dan berzina, banyak orang yang mati sia-sia karena khamar dan narkoba, banyak orang yang terlilit hutang karena judi, banyak orang yang terkena penyakit hiv aids karena berzina dan sampai saat ini belum ada obatnya.
naudzubillahi summa naudzubillahi min dzalik
jadi disini jelas segala sesuatu yang dilarang oleh Allah swt itu tidak ada manfaatnya untuk kita.

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Banyak sekali ibadah2 yang lainnya yang kalau kita renungkan banyak sekali manfaatnya. bukan hanya untuk kehidupan kita kelak di akhirat tapi manfaat itu akan kita rasakan di dunia ini. maka akan sangat rugi bagi orang yang tidak mau beribadah kepada Allah swt.

Kita hanya tinggal memilih apakah kita mau melaksanakan segala perintah Allah swt dan menjauhi segala Larangannya dengan  jaminan kita akan mendapatkan kebahagian di akhirat dan mendapatkan manfaat ibadah di dunia atau sebaliknya Kita mengingkari apa-apa yang sudah di perintahkan dan di larang Allah swt. dengan jaminan kita akan mendapatkan kesengsaraan di akhirat dan tidak akan mendapatkan manfaat ibadah di dunia ini.

Karena Allah tidak akan untung
jika semua umat manusia di muka bumi ini beribadah.
dan Allah pun tidak akan rugi jika semua umat manusia di muka bumi ini tidak mau beribadah.

tidak akan mengurangi atau menambah ke kuasaan Allah swt.
Tetap Allah itu Maha Kuasa.

Allah tidak butuh shalat kita
Allah tidak butuh puasa kita.
Allah Tidak butuh sujud Kita,
Allah tidak butuh Doa Kita,
Allah tidak butuh sedekah kita.
Allah tidak butuh Qurban Kita.
Allah tidak butuh apapun dari kita.

Jadi, Kita hanya tinggal memilih 2 jalan
Jalan yang pertama
saidun pidunnya wa saidun pil Akhirat
Bahagia di dunia dan bahagia di Akhirat
atau jalan yang kedua
Saqiyyun Fiddunya Wa Saqiyyun Fil Akhirah
Sengsara didunia dan sengsara di akherat.

Kalau memilih jalan pertama
saidun pidunnya wa saidun pil Akhirat
Bahagia di dunia dan bahagia di Akhirat
Maka Laksanakan lah segala perintah Allah dan Rasul-nya dan jauhilah Segala sesuatu yang dilarang oleh Allah dan Rasul-nya.

Kalau memilih jalan yang kedua
Saqiyyun Fiddunya Wa Saqiyyun Filakhirah
Sengsara didunia dan sengsara di akherat.
Maka silahkan hidup sesuka hati tanpa mengenal aturan Allah dan Rasul-nya.

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Mudah-mudahan khutbah yang singkat ini ada manfaatnya untuk kita semua, dan semoga dengan mengetahui manfaatnya ibadah di dunia ini, bisa lebih menyadarkan kita, bisa memberikan semangat dan motivasi untuk kita semua untuk bisa lebih meningkatkan Amalan-Amalan Ibadah kita.
Marilah kita bersama-sama untuk memilih jalan yang pertama tadi yaitu saidun pid dunya wa saidun pil Akhirat bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. dengan memohon kepada Allah semoga diberikan kekuatan untuk melaksanakan semua yang di perintahkan oleh Allah dan Rasul-nya dan di jauhkan dari segala hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul-nya.

Amin Amin Amin ya Allah ya Rabbal Alamin

وﷲاعلم باصواب

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

• Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ لله حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ وَ كَفَرَ. وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ حَبِيْبُهُ وَ خَلِيْلُهُ سَيِّدُ الْإِنْسِ وَ الْبَشَرِ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
اَمَّا بَعۡدُ ...

فَيَا عِبَادَ الله اِتَّقُوْا الله وَ اعْلَمُوْا اَنَّ الله يُحِبُّ مَكَارِمَ الْأُمُوْرِ وَ يَكْرَهُ سَفَاسِفَهَا يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ اَنْ يَّكُوْنُوْا فِى تَكْمِيْلِ اِسْلَامِهِ وَ اِيْمَانِهِ وَ اِنَّهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفَاسِقِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْلَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبَنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ الله! اِنَّ الله يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الْإِحْسَانِ وَ اِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَّكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا الله الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

Load disqus comments

0 comments