Melancarkan Jalan Rezeki

Melancarkan Jalan Rezeki

•Khutbah Pertama

إنَّ الـحَمْدَ لِلّٰهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللّٰهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

اَللّٰهُمَّ صَلِّي عَلَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدۡ وَعَلَ اٰلِهِ وَصَحۡبِهِ وَمَنۡ تَبِعَهُمۡ بِاِحۡسَانٍ اِلاَّ يَوۡمِ الدِّيۡنَ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
أَمَّا بَعْدُ... فقالا الله تعال فالقران الكريم...
 بسمﷲالرحمانالرحیم
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
الايۃ. صدقاﷲالعضيم سمعنا واطعنا

معسرالمسلمين رحمكماﷲ
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt yang telah memberikan bermacam-macam kenikmatan yang tidak terhitung khususnya nikmat iman dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan salah satu perintah Allah SWT yaitu Shalat Jum'at berjamaah

Shalawat dan salam marilah kita panjatkan kepada Rasul Kita Nabi Panutan Alam yaitu Nabi Muhammad saw, Tidak Lupa kepada Sahabatnya, Kepada Keluarganya, Tabiit Tabiin Atba Tabiin dan juga mudah-mudahan sampai kepada kita selaku Umatnya.

Selanjutnya marilah kita tingkatkan Ketaqwaan kita kepada Allah Swt dengan Taqwa yang sebenar-benarnya, yaitu menjalankan segala sesuatu yang telah di perintahkan oleh-Nya dan juga menjauhi segala sesuatu yang dilarang Oleh-nya.

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Selaku Hamba Allah, kita di wajibkan untuk Berikhtiar mencari rezeki, untuk menafkahi Keluarga kita. Namun ada kalanya kita merasa bahwa jalan rezeki itu begitu sulit untuk didapat. Bahkan meskipun kita sudah berusaha sekuat tenaga namun hasilnya tidak pernah cukup bahkan selalu kurang dan mungkin ada yang sampai terlilit hutang.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini khatib akan memberikan penjelasan mengenai 5 Hal yang dapat memperlancar jalan rezeki kita.

1. Pandai Bersyukur

Bersyukur adalah cara sederhana namun tidak mudah untuk dilakukan. Sejatinya setiap hari dan bahkan setiap detik, Allah selalu menurunkan rezeki kepada setiap umat-Nya, namun tidak semua umat mampu mensyukuri atas nikmat rezeki yang telah dilimpahkn tersebut. Padahal apabila kita mampu bersyukur atas segala Nikmat yang Allah berikan, maka Allah akan berjanji untuk menambah nikmat tersebut. Sebagaimana Firman Allah Swt
Dalam surat Ibrahim Ayat 7

بسمﷲالرحمانالرحیم
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya :
“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu mengumumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim : 7)

2. Menjaga Ibadah

Langkah utama untuk memperlancar rezeki adalah dengan cara menjaga ibadah kita.
Kita tahu bahwa Rezeki itu sudah ada yang mengatur. Maka dari itu dekatilah yang mengatur rezeki tersebut yaitu Allah.
Maka yang bisa mendekatkan kita Kepada Allah tidak ada lagi selain beribadah kepada Allah.
Maka dari itu jagalah Ibadah Kita.
Jangan lupakan Shalat lima waktu.
Jangan lupakan shalat jum'at.
Mulailah Beristiqamah shalat tahajud.
Mulailah Beristiqamah shalat dhuha .
Sempatkanlah waktu untuk membaca Al-Quran.
Kerjakanlah Puasa
baik puasa wajib ataupun puasa sunat
dan juga laksanakan lah ibadah-ibadah yang lainnya.
Karena itu semua, akan memperlancar jalan rezeki kita.

3. Memperbanyak Istighfar

Kalimat istighfar adalah kalimat yang dibacakan dengan tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah swt, atas segala kesalahan dan khilaf yang dilakukan oleh manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, oleh karena itu semakin sering kita mengucapkan isthigfar maka akan semakin dekat pula kita kepada Allah sehingga akan semakin mudah bagi kita untuk meraih rejeki yang telah Allah gariskan untuk kita.

Sebagaimana Allah Berfirman dalam Al-Qur'an Surat Nuh Ayat 10-12

بسمﷲالرحمانالرحیم
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya :
“Maka Aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Robb mu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Qs. Nuh: 10-12)

4. Ikhlas Bersedekah

Sedekah adalah amalan baik yang wajib kita lakukan karena sebagian harta yang kita miliki adalah hak milik dari orang lain yang membutuhkan seperti para fakir. Dengan banyak bersedekah seorang umat tidak akan jatuh miskin.
Karena Allah akan menggantikan harta yang disedekahkan tersebut dengan harta atau rezeki lain yang jauh berkali-kali lipat lebih berharga, dari jumlah harta yang disedekahkan.

Cara Memperlancar Rezeki yang terakhir yaitu Hijrah Kembali Ke Jalan Allah

Setiap manusia tak luput dari dosa dan kesalahan. Rezeki kita akan sulit diperoleh jika kita masih bergumul dalam dosa dan kesalahan secara terus-menerus. Rezeki kita akan sulit di dapat jika kita masih meninggalkan ibadah kepada Allah.
Kita masih meninggalkan shalat, Sudah tidak mau datang ke mesjid, Tidak mau melaksanakan puasa, Enggan Membaca Al-Qur'an bahkan selalu bermaksiat kepada Allah seperti berjudi, berzina, meminum khamar dan yang lainnya. Niscaya itu akan mempersempit jalan rezeki kita. Maka dari itu berhijrahlah untuk memperlancar jalan rezeki kita.

Karena Allah sudah mengatakan dengan jelas di dalam firman-Nya.
Dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 100

بسمﷲالرحمانالرحیم
وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً

Artinya :
“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah. Niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.” (Qs. An-Nisa`: 100).
subhanallah

معسرالمسلمين رحمكمﷲ
Maka dari itu Selagi Allah masih memberi kita Nikmat Umur, Khatib mengajak khususnya bagi diri pribadi.
Yang selama ini masih belum bisa mensyukuri nikmat allah,
belum bisa menjaga ibadah,
Masih jauh dari jalan Allah.
Umumnya kepada para jamaah.
Untuk sama-sama kembali Hijrah ke jalan Allah, Walaupun hijrah itu tidak mudah tapi harus kita lakukan perlahan dari sekarang.

Marilah kita sama-sama mulai Beristiqamah untuk shalat berjamaah di mesjid.
Mulailah lakukan shalat sunat qabla dan Ba'da sebelum shalat.
Mulailah Beristiqamah untuk shalat tahajud dan shalat duha minimal 2 rakaat
luangkanlah sedikit waktu untuk membaca Al-Quran minimal 1 hari 1 juz.
mulailah dari sekarang untuk meninggalkan segala macam kemaksiatan kepada Allah.

dan kita harus yakin bahwa Allah pasti akan memberikan janjinya tadi kepada hamba-Nya yang berhijrah yaitu
 مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً
Rezeki yang banyak.

Karena Allah
Sangat merindukan
Kepada Hamba2-Nya
Yang Hijrah
Kembali pulang
Ke jalan Allah.

وٓﷲ اعلم بصواب

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

• Khutbah Kadua

اَلْحَمْدُ لله حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ وَ كَفَرَ. وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ حَبِيْبُهُ وَ خَلِيْلُهُ سَيِّدُ الْإِنْسِ وَ الْبَشَرِ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
اَمَّا بَعۡدُ ...

فَيَا عِبَادَ الله اِتَّقُوْا الله وَ اعْلَمُوْا اَنَّ الله يُحِبُّ مَكَارِمَ الْأُمُوْرِ وَ يَكْرَهُ سَفَاسِفَهَا يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ اَنْ يَّكُوْنُوْا فِى تَكْمِيْلِ اِسْلَامِهِ وَ اِيْمَانِهِ وَ اِنَّهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفَاسِقِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُح َمَّدٍ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْم ُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْلَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبَنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ الله! اِنَّ الله يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الْإِحْسَانِ وَ اِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَّكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا الله الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Load disqus comments

0 comments