Membuat Singkong Goreng Dadu Aneka Rasa

Ada yang request harus nambahin artikel kategori bisnis rumahan dari agan fachry, celakanya lagi kena syndrome bingung posting, Terus berpikir sejenak dan akhirnya saya teringat ketika saya kerja di Sebuah Apotek di daerah Jatinangor Sumedang, waktu itu ada yang jual Singkong Goreng di depan Apotek, nyobain beli dan akhirnya rasanya enak bin maknyos,
karena emang udah deket sama yang jualnya, saya pun pernah di kasih tau resep nya. Semoga saja postingan kali ini bisa memberikan inspirasi buat agan-agan semuanya.

Singkong Goreng merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah orang indonesia, Selain bisa menjadi pengganjal perut karena kandungan karbohidratnya yang tinggi bisa juga sebagai hidangan untuk rapat di kantor, untuk tamu di rumah, ataupun cemilan saat nonton tv bersama keluarga. Makanan ini pun bisa menjadi favorit untuk para konsumen apabila kita kreatif dalam penyajiannya terutama dalam hal rasa.

Singkong yang biasa di jual ukuran bentuknya memang besar-besar. Namun untuk kali ini kita akan membuat bentuk yang berbeda yaitu berukuran dadu yang kurang lebih ukurannya 3x3 cm, atau sesuai kreatifitas agan yang penting bentuknya mungil-mungil deh. Hal ini dilakukan agar bumbunya mudah meresap dan juga bisa di senangi anak-anak.

Untuk Cara pembuatannya :

Bahan-Bahan Yang di Perlukan :

  • 1/2 Kg Singkong, (lebih bagus Singkong Mentega Atau Singkong Keju)
  • 1/4 Sendok Teh Kunyit Bubuk
  • 3 Butir Bawang Putih
  • 1 Butir Bawang Merah
  • Garam
  • Bumbu Tabur Aneka Rasa (Sambal Balado, Pizza, Barbeque, Keju dll)


Cara Pembuatan :

1. Kupas kulit singkong lalu bersihkan sampai bersih, setelah itu potong dadu berukuran 3x3 cm, atau sesuai keinginan agan. pokonya biar kelihatan unik
2. Rebus singkong sampai matang, setelah itu angkat lalu tiriskan.
3. Untuk membuat bumbunya masukkan 3 butir bawang putih dan 1 butir bawang merah yang sudah di kupas sebelumnya ke dalam ulekan (dalam bahasa sunda namanya coet) tambahkan garam 1/4 sdt bumbu kunyit bubuk agar terlihat lebih kuning dan juga garam sedikit saja hanya untuk membuat bumbu mudah tercampur. karena untuk rasanya kita akan pakai bumbu tabur aneka rasa. lalu ulek sampai tercampur bumbunya.
4. Masukkan Singkong rebus kedalam wadah dan masukkan bumbu yang sudah disiapkan tadi lalu aduk sampai rata.
5. Siapkan Minyak panas ke dalam wajan pengorengan tunggu sampai matang. Masak singkong sampai matang di tandai dengan warna yang agak kecoklatan. tapi awas jangan sampai gosong.
6. Setelah matang angkat lalu tiriskan. Campur singkong dengan bumbu tabur aneka rasa, Selesai deh

Catatan Untuk di jadikan bisnis rumahan :

1. Lebih bagus singkongnya di goreng kalau ada konsumen yang mau membeli agar tersaji hangat-hangat
2. Atur berapa banyak singkong yang akan di goreng sesuai harga yang di tawarkan,
3. Setelah Matang masukkan ke dalam wadah yang bentuknya panjang (Biasanya Gelas Plastik panjang)
4. Tambahkan bumbu tabur aneka rasa sesuai keinginan kunsumen. Kocok sampai merata.
5. Bungkus dengan plastik ataupun bungkus kertas, jadi deh siap di sajikan untuk konsumen.

Seperti biasa gan maaf nieh buat itung-itungan kaya modal yang di perlukan, Harga jual beserta itungan-itungan yang lainnya ga bisa di jelaskan secara rinci. maklum lagi males itung-itungan nieh. Sekali lagi maaf yang sebesar-besarnya. Atur-atur aja manajemen keuangan serta manajemen resikonya sama agan yah. he he

Untuk Pemasaran :
  • Ke Tetangga Sekitar Rumah
  • Kalau udah maju bisa jualan di pinggir jalan agar lebih ramai
  • Kalau udah maju abies bisa bikin cabang
Yang penting harus ada kemauan, meskipun bisnis rumahan, kalau kita serius bisa jadi bisnis sungguhan, buktinya orang yang dagang singkong goreng di depan Apotek tempat saya kerja dulu, sudah punya cabang untuk jualannya. Keren Kan.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat dan Salam Sukses Slalu
Load disqus comments

0 comments