Pengertian Niat Dalam Beribadah

Setiap kita akan melakukan suatu ibadah, sudah pasti hal yang pertama kali kita lakukan adalah Niat. Maka dari itu kita harus mengetahui Pengertian Niat Dalam Beribadah. Secara Bahasa Niat adalah Maksud keinginan hati untuk melakukan sesuatu Sedangkan menurut syariat sebagaimana di jelaskan dalam kitab Safinatunnaja karangan Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al hadhram, yaitu : 
Bahwa Niat adalah Neja suatu perkara (Suatu Ibadah) yang di barengi dengan tindakan (Pelaksanaan) pada saat itu juga. Seperti contoh ketika kita hendak berwudlu. Maka pada saat pertama kali air mengenai wajah disaat membasuh muka maka pada saat itulah kita berniat untuk wudlu.

Adapun tempat kita untuk berniat adalah Hati, jadi ketika kita berniat untuk berwudlu, maka hati kita lah yang mengucapkan bahwa kita hendak berwudlu untuk mensucikan hadas kecil. Selaian itu melapadkan niat hukumnya Sunnah. karena dengan melafadkan niat terlebih dahulu dengan lisan kita, maka bisa membantu hati kita untuk melapadkan niat dengan khusyu.

Sekian postingan kali, bila ada yang mau menambahkan silahkan untuk berkomentar

Artikel Yang Berhubungan