Segala Amal Perbuatan Tergantung Pada Niat


Sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad SAW. Bahwa Segala Amal Perbuatan itu Tergantung Pada Niat.

Kalau Niat kita melakukan sesuatu karena Allah swt maka segala amal perbuatan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala, namun apabila Niat kita bukan karena Allah swt maka segala amal perbuatan kitapun tidak akan mendapatkan pahala.

Dalam kaitannya terhadap Niat ini Terkadang ada yang terlihat seperti amal perbuatan Akhirat tetapi karena Niatnya jelek maka amal tersebut hanya Amal perbuatan Duniawi saja dan Terkadang ada yang terlihat seperti amal perbuatan Duniawi tetapi karena Niatnya baik maka amal tersebut bisa jadi Amal perbuatan Akhirat.

Seperti contoh : Shalat merupakan salah satu amal perbuatan yang kita laksanakan untuk bekal kita di akhirat nanti, namun karena niat kita melaksanakan shalat hanya ingin di lihat orang lain bahwa kita itu shaleh, atau karena ingin di cap bagus oleh calon mertua dan bukan karena Allah swt maka Shalat yang kita laksanakan hanyalan amal perbuatan yang bersifat duniawi saja yang berarti tidak akan mendapatkan pahala dari Allah swt.

Berbeda dengan seperti kita membuang paku yang ada di tengah jalan, perbuatan ini terlihat seperti perbuatan duniawi saja. namun karena niat kita membuang paku tersebut agar supaya orang yang melewati jalan tidak terluka akibat menginjak paku, maka perbuatan tersebut adalah Amal perbuatan Akhirat dan akan mendapatkan pahala dari Allah swt.

Jadi intinya Niat adalah faktor penentu segala amal perbuatan kita. Semoga saja kita bisa mengawali segala aktifitas baik itu bersifat Akhirat ataupun bersifat Duniawi dengan niat yang baik, niat karena Allah swt semata. Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments