Cara Menghindari Sifat Boros

Cara Menghindari Sifat Boros

Kali ini saya akan mencoba berbagi tentang Cara Menghindari Sifat Boros. Walaupun saya bukan ahli di bidang Money Management tapi tidak ada salahnya kalau saya mencoba untuk menulis sedikit tentang pengalaman-pengalaman yang terjadi pada diri saya pribadi yang berkaitan dengan sifat boros ini.

Kalau berbicara masalah Boros berarti berbicara masalah Pengeluaran Uang dan kalau berbicara masalah Pengeluaran Uang berarti kita harus bisa Mengatur Keuangan. Seberapa besar pendapatan kita sebulan tanpa adanya Money Mangement maka yang dihasilkan adalah sifat boros. Dan pada akhirnya kita akan terjerumus kedalam lubang yang namanya hutang. lebih parah lagi kalau hutang kita tidak terbayar sehingga ada istilah gali sumur tutup lobang. bener ga sih istilahnya ? maaf kalau salah.

Sebenarnya kalau ingin bisa agar sifat boros itu hilang dari diri kita, hanya ada pada diri kita masing-masing. Sejauh mana kita bisa Mengatur semua pengeluaran kita dengan melihat dari segi pendapatan. Jangan sampai pengeluaran kita melebihi dari pendapatan kita. Kalau bisa ada uang sisa yang harus kita tabung dari pendapatan tersebut.

Di bawah ini ada beberapa cara Agar kita terhindar dari sifat boros

1. Jangan Berprilaku Konsumtif.

Prilaku Konsumtif adalah perilaku yang boros yang mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan, yang lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. jadi hanya karena tuntutan gaya hidup dan trend masa kini saja tanpa kita berpikir apakah itu kebutuhan yang memang bermanfaat atau hanya sekedar untuk bergaya saja. Seperti contoh : kita membeli sebuah Laptop yang harganya mahal dengan merk terkenal namun barang tersebut hanya di gunakan agar kita terlihat gaya di pandang orang lain atau hanay untuk browsing biasa. tanpa di gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat semisal untuk membantu kita untuk keperluan bisnis

2. Hindari Yang Namanya Kredit.

Kalau masalah ini sih pasti ada yang pro dan ada yang kontra. Ada Istilah yang timbul di masyarakat, Kalau Tidak Kredit Maka Tidak Akan Punya. Tetapi itu tergantung pemikiran kita masing-masing namun personally saya berpikir bahwa Lebih baik Tidak Punya daripada Harus Kredit. Mengapa saya berpikir demikian ? Karena dengan kredit maka harga barang tersebut akan lebih mahal, walaupun secara tidak terasa kita hanya menyicil per bulan. Namun kalau kita pikir-pikir lagi bahwa bunga dari setiap barang yang kita beli dengan kredit bisa mencapai 50 % jadi dari semisal 1 buah sepeda motor yang harganya 10 juta kalau kita kredit maka akan menjadi sekitar 15 juta. Angka 5 juta memang selisih yang besar. Coba bayangkan kalau kita bisa bersabar untuk menabung sampai uang kita 15 juta. maka kita akan mendapat 1 buah sepeda motor dan uang 5 juta yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Namun masalah yang timbul adalah terkadang kita tidak terbiasa untuk menabung kalaupun bisa yang saya rasakan dulu yaitu kita selalu ingin mengambilnya. apalagi kalau di fasilitasi dengan kartu ATM. dimana kita bisa mudah mengambil uang kita di mana saja. Namun saya akan memberikan sedikit solusi di cara berikutnya.

3. Biasakan Untuk Menabung

Nah ini dia yang sering menjadi masalah baik untuk saya pribadi yaitu kita tidak membiasakan diri untuk menabung sebagian dari pendapatan kita. Apalagi kalau untuk yang masih muda seperti saya, susah banget untuk bisa nabung, Kalaupun sudah bisa nabung pasti ke ambil deh kalau ada Acara-acara anak muda maen ke sana ke mari. Itulah yang saya alami sendiri, namun saya mempunyai ide buat yang belum bisa nabung sendiri khususnya untuk yang masih muda yaitu titipkan uang tabungan di orang tua kita, jadi kita jangan dulu membuka rekening sendiri sebelum kita bisa mengatur keuangan kita. Karena dengan cara di titipkan di orang tua apalagi Ibunya yang cerewet, maka uang kita pasti aman, karena kita takut untuk mengambilnya. Namanya juga Orang Tua pasti ingin mengajarkan anaknya yang baik-baik terutama dalam masalah sifat boros ini ya meskipun cerewet. tapi I love You Mom.

Naah mungkin hanya itu saja yang dapat saya tuliskan dalam postingan kali ini. Jujur itu adalah pengalaman saya pribadi. jadi saya melakukan cara-cara di atas sehingga saya sekarang bisa sedikit bisa mengontrol pengeluaran saya sehingga sifat boros pun bisa saya kendalikan, Ya meskipun belum sepenuhnya berhasil. tapi saya akan terus mencoba.

Terakhir Menghindari sifat boros ini bukan berarti kita pelit kepada diri kita sendiri ataupun kepada orang lain Justru dengan kita bisa berbagi sedikit dari uang kita untuk orang lain yang membutuhkan itu adalah perbuatan terpuji bukan.

Tetapi menghindari sifat boros ini lebih kepada pengaturan keuangan kita mana barang yang lebih penting untuk kita beli, Harus berpikir bahwa saya harus bisa membeli barang tersebut tanpa harus kredit serta bisa menyisihkan dari pendapatan kita untuk menabung yang tidak lain tidak bukan itu untuk simpanan kita di masa mendatang.

Sekian postingan kali ini semoga ada manfaatnya. Mohon maaf kalau ada salah dalam menjelaskannya namanya juga belajar. Selamat mencoba semoga kita bisa terhindar dari namanya sifat boros.
Load disqus comments

0 comments