Hanya Ada di Bulan Suci Ramadhan

Hanya Ada di Bulan Suci Ramadhan

Hanya Ada di Bulan Suci Ramadhan keistimewaan-keistimewaan di berikan kepada kita. Mengapa dikatakan Istimewa ? karena di Bulan Suci Ramadhan ini terdapat beberapa Amalan Ibadah dan Hikmah yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Selain itu Rasulullah Saw bersabda didalam sebuah Hadits.

لَوْ يَعْلَمُ الْعِبَادُ مَا فِي رَمَضَانَ لَتَمَنَّتْ أُمَّتِي أَنْ يَكُوْنَ السَّنَة كُلّهَا 
 
“Kalau seandainya hamba-hamba itu tahu apa yang ada pada bulan Ramadhan (keutamaannya), maka niscaya umatku ini akan berangan-angan bahwa satu tahun itu adalah bulan Ramadhan seluruhnya.” [HR.Ibnu Khuzaimah III/190]

Maka dari itu Hanya Ada di Bulan Ramadhan

1. Umat muslim diwajibkan BERPUASA SELAMA SEBULAN PENUH

2. Terdapat shalat malam yang berbeda dari shalat malam di bulan lainnya, yaiut SHALAT SUNAT TARAWIH

3. Terdapat satu malam yang dijanjikan apabila beribadah di malam tersebut maka pahalanya akan berlipat-lipat, lebih baik dari seribu bulan, yaitu Malam LAILATUL QODR

4. IBADAH SUNNAH diberi ganjaran seperti ibadah wajib, dan IBADAH WAJIB ganjarannya dilipatgandakan pula.

Diriwayatkan oleh Salman, bahwa pada suatu hari di penghujung bulan Sya'ban Rasulullah saw. bersabda,

"Wahai sekalian manusia, telah datang kepadamu bulan yang agung, penuh keberkahan, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan; diwajibkan padanya puasa; dan dianjurkan untuk menghidupkan malam-malamnya. Maka barang siapa yang mengerjakan satu kebajikan pada bulan ini, seolah-olah ia mengerjakan satu perintah kewajiban di bulan lain, dan siapa yang mengerjakan ibadah yang wajib, seakan-akan ia mengerjakan tujuh puluh kali kewajiban tersebut di bulan yang lain."

5. Jika kita MEMBERI MAKAN untuk orang yang berbuka puasa maka akan MENDAPATKAN PAHALA SEPERTI ORANG YANG BERPUASA tersebut, tanpa di kurangi sedikitpun.

    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

    مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ (رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صحيح)

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

6. Diwajibkan untuk mengeluarkan zakat khusus yang bernama ZAKAT FITRAH

7. BAU MULUT orang yang berpuasa sangat diistimewakan, bahkan disebut-sebut lebih wangi dari MINYAK MISK.

8. TIDURNYA orang yang berpuasa pun akan mendapatkan PAHALA

Marilah kita bersama-sama memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Karena Bulan Suci Ramadhan adalah Bulan yang sangat istimewa.

Posting Komentar