Fadhilah Shalat Sunat Tarawih

Menyambung Postingan sebelumnya tentang Pengertian Shalat Sunat Tarawih di Bulan Ramadhan sekarang saya akan menjelaskan tentang Fadhilah Shalat Sunat Tarawih. Ada begitu banyak Fadhilah yang bisa kita dapatkan dengan melakukan Shalat Sunat Tarawih ini, Fadhilah yang begitu luar biasa yang di berikan oleh Allah swt kepada kita. Sungguh Bulan Suci Ramadhan ini adalah Bulan yang penuh Rahmat dan penuh berkah.
 Di bawah ini adalah Fadhilah-Fadhilah Shalat sunat tarawih dari malam 1 sampai malam ke 30 yang di ambil dari Kitab Durratun Nashihiin.

Di riwayatkan oleh Saiyidina Ali (r.a.) daripada Rasulullah S.A.W., sebagai jawaban dari pertanyaan sahabat-sahabat Nabi S.A.W. tentang Fadhilah (kelebihan) bagi orang yang melaksanakan sembahyang sunat tarawih pada bulan Ramadan:

Fadhilah Malam 1:

Allah Swt akan memberikan ampunan dan juga menghapus semua dosa-dosa orang mukmin sebelumya, seperti ia baru dilahirkan.

Fadhilah Malam 2:

Allah Swt akan memberikan ampunan dari dosa-dosa orang mukmin  serta kedua orang tuanya apabila mereka beriman kepada Allah Swt.

Fadhilah Malam 3:

Berseru Malaikat di bawah ‘Arasy’ supaya kami meneruskan sembahyang tarawih terus-menerus semoga Allah mengampunkan dosa engkau.

Fadhilah Malam 4:

Allah Swt akan memberikan pahala seperti orang-orang yang membaca kitab-kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran.

Fadhilah Malam 5:

Allah Swt akan memberikan pahala seumpama orang sembahyang di Masjidilharam, Masjid Madinah dan Masjidil Aqsa.


Fadhilah Malam 6:

Allah kurniakan pahala kepadanya pahala Malaikat-malaikat yang tawaf di Baitul Ma’mur (70 ribu malaikat sekali tawaf), serta setiap batu-batu dan tanah-tanah mendoakan supaya Allah mengampunkan dosa-dosa orang yang mengerjakan sembahyang tarawih pada malam ini.

Fadhilah Malam 7:

Allah Swt akan memberikan pahala seolah-olah ia dapat bertemu dengan Nabi Musa serta menolong Nabi ‘Alaihissalam menentang musuh ketatnya Fi’raun dan Hamman.


Fadhilah Malam 8:

Allah Swt akan memberikan pahala bagi orang yang sembahyang tarawih sepertimana yang telah dikurniakan kepada Nabi Allah Ibrahim ‘Alaihissalam.

Fadhilah Malam 9:

Allah Swt akan mengaruniakan pahala dan dinaikkan kualitas ibadah hambanya seperti Nabi Muhamad S.A.W.

Fadhilah Malam 10:

Allah Swt akan mengurniakan kepadanya kebaikan di dunia dan akhirat.

Fadhilah Malam 11:

Allah Swt akan memberikan pahala saat Keluar ia daripada dunia (mati) bersih daripada dosa seperti ia baharu dilahirkan.

Fadhilah Malam 12:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan datang ia pada hari Qiamat dengan muka yang bercahaya (cahaya ibadatnya).

Fadhilah Malam 13:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan datang ia pada hari Qiamat dalam aman sentosa daripada tiap-tiap kejahatan dan keburukan.

Fadhilah Malam 14:


Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan datang Malaikat menyaksikan ia bersembahyang tarawih, serta Allah tiada menyesatkannya pada hari Qiamat.


Fadhilah Malam 15:
Allah Swt akan memberikan karunia yaitu semua Malaikat yang menanggung ‘Arasy, Kursi, berselawat dan mendoakan supaya Allah mengampunkan.



Fadhilah Malam 16:
Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan dituliskan baginya terlepas daripada neraka dan dimasukkan ke dalam Syurga.

Fadhilah Malam 17:
Allah Swt akan memberikan karunia bagi orang yang bertarawih yaitu pahalanya pada malam ini sebanyak pahala Nabi-Nabi.

Fadhilah Malam 18:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan berseru Malaikat: "Hai hamba Allah sesungguhnya Allah telah redha kepada engkau dan ibubapa engkau (yang masih hidup atau mati)".


Fadhilah Malam 19:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu meninggikan derajatnya di dalam Syurga Firdaus.


Fadhilah Malam 20:
Allah swt akan mengaruniakan kepadanya pahala sekalian orang yang mati syahid dan orang-orang solihin.


Fadhilah Malam 21:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan di bangunkan sebuah istana dalam Syurga daripada nur.


Fadhilah Malam 22:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan datang ia pada hari Qiamat aman daripada tiap-tiap dukacita dan kerisauan (tidaklah dalam keadaan huru-hara di Padang Mahsyar).

Fadhilah Malam 23:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan di bangunkan kepadanya sebuah bandar di dalam Syurga daripada nur.

Fadhilah Malam 24:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan dibukakan peluang 24 do'a yang mustajab bagi orang bertarawih malam ini, (elok sekali berdoa ketika dalam sujud).


Fadhilah Malam 25:


Allah Swt akan memberikan karunia yaitu akan di jauhkan daripadanya siksa kubur.


Fadhilah Malam 26:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu seumpama pahala 40 tahun ibadat.


Fadhilah Malam 27:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu melintas diatas titian jembatan Sirotolmustaqim seperti kilat menyambar.

Fadhilah Malam 28:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu pahala 1000 derajat di akhirat.


Fadhilah Malam 29:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu pahala 1000 kali ibadah haji yang mabrur. (Subhanallah)

Fadhilah Malam 30:

Allah Swt akan memberikan karunia yaitu beri penghormatan kepada orang bertarawih pada malam terakhir ini yang teristimewa sekali, lalu berfirman: 

“Hai hambaKu: Makanlah segala jenis buah-buahan yang engkau ingini hendak makan di dalam syurga, dan mandilah engkau daripada air syurga yang bernama Salsabila, serta minumlah air daripada telaga yang dikurniakan kepada Nabi Muhammad S.A.W. yang bernama ‘Al-Kauthar”.”


Begitu banyak Fadhilah Shalat Sunat Tarawih ini yang sungguh sangat luar Biasa, Maka dari itu dengan kita mengetahui Fadhilah-Fadhilah di atas sungguh sangat di sesalkan kalau kita melewatkan satu malam saja tidak melaksanakan Shalat Sunat Tarawih. Karena belum tentu kita akan bertemu kembali dengan Bulan Ramdhan yang akan datang dan bisa melaksanakan Shalat Sunat Tarawih.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan