Yang Bisa Membatalkan Pahala Puasa

Yang BIsa Membatalkan Pahala Puasa

Masih seputar tentang pembahasan Puasa, Menyambung kemarin tentang postingan yang berjudul 5 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa. Untuk kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang Hal yang Bisa Membatalkan Pahala Puasa. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan lebih lanjut.

Yang dimaksud dengan membatalkan pahala puasa yaitu apabila kita melakukan hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa maka puasa kita tetap syah dalam ukuran fiqih, berarti kewajiban melaksanakan puasa kita sudah terpenuhi, Namun dalam segi Mendapatkan pahala maka kita tidak akan mendapatkan pahala apa-apa dari Allah Swt selain hanya mendapatkan haus dan lapar saja.

Berikut akan diuraikan beberapa hal Yang bisa Membatalkan Pahala Puasa.

1. Berkata Bohong.

Dengan berkata bohong maka secara otomatis akan membatalkan pahala puasa kita. Maka sebaiknya kita menjauhkan diri dari berkata berbohong kepada orang lain.

2. Membicarakan Kejelekan Orang Lain (Gosip).

Mungkin secara tidak sadar hal ini sering kita lakukan di saat kita sedang ngobrol dengan orang lain. Yaitu menggosip tentang kejelekan kejelekan orang lain. Maka lebih baik di bulan Puasa ini kita tidak sering berkumpul untuk mengobrol hal hal yang tidak penting.

3. Munafik

Yaitu apabila setiap perkataan tidak sesuai dengan perbuatannya. Seperti sifat iri dan dengki terhadap orang lain. Apabila di depan dia bersikap baik tetapi dibelakang dia selalu mencela.

4. Saksi Palsu

Bersaksi palsu bisa menjadi salah satu hal yang dapat membatalkan pahala puasa kita. Ini berkaitan dengan poin no 1 yaitu berkata bohong. Namun dalam hal ini berbohong terhadap kesaksian dalam suatu perkara. Seperti contoj dia bersaksi bahwa si pulan itu adalah pencuri padahal pada kenyataannya si pulan itu tidak mencuri.

5. Mengadu Domba

Tentu mengadu domba adalah perbuatan tercela yang sudah pasti akan membatalkan pahala puasa. Perbuatan ini sungguh sangat tidak terpuji karena berusaha untuk membuat permusuhan antara sesama umat manusia.

6. Memandang Lawan Jenis Dengan Syahwat.

Mungkin hal ini pun menjadi salah satu penyebab batalnya pahala puasa kita.
Mungkin masih banyak lagi hal yang dapat membatalkan pahala puasa kita, namun hanya 6 poin saja yang bisa di jelaskan pada kesempatan kali ini.

Maka dari itu di Bulan Suci Penuh Rahmat ini yaitu Bulan Suci Ramadhan, kita senantiasa harus bersama-sama berlatih dan belajar untuk meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa tersebut. Karena Bulan Suci Ramdhan ini adalah salah satu media kita untuk berlatih menjaga hati kita dari sifat-sifat yang tercela. Agar di bulan bulan selanjutnya kita bisa mengamalkan dari hasil latihan kita selama satu bulan.

Sekian postingan kali ini mengenai Hal Yang Dapat Membatalkan Pahala Puasa. Semoga kita bisa menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan di atas, sehingga Puasa kita mendapatkan pahala dari Allah Swt. tidak hanya sekedar mendapatkan Haus dan Lapar Saja. Amin.

Ya meskipun susah tapi sebagai seorang manusia kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin dan jangan lupa berdo'a agar di berikan kekuatan supaya terhindar dari sifat-sifat tercela.

Posting Komentar