Membuat Bala-Bala Rahasia

Seperti biasa setiap jam 4 sore sudah tiba waktunya pulang kerja. Terus cepet-cepet manasin motor, siap-siap untuk pulang kerumah, tidak lupa tancep musik di telinga. Lagi enak-enak ngendarain motor di jalan tiba-tiba turun ujan, ya udah langsung aja cari tempat buat berteduh, kebetulan saya berhenti deket tukang gorengan bala-bala, langsung aja pesen bala-bala. lagian perut udah kerasa laper.

Sambil makan gorengan lalu timbul di benak saya buat bikin makanan merakyat ini sedikit berbeda dari yang lain. Dipikiran saya terpikir untuk membuat bala-bala rahasia. kayaknya bagus juga nieh buat bahan postingan tentang bisnis rumahan. Mau tau kelanjutannya ? terusin aja bacanya yah.


Bala-bala (bakwan) adalah makanan yang sering kita jumpai di mana-mana, bisa di bilang makanan ini adalah makanan yang sudah merakyat di Negeri Indonesia. Terdiri dari campuran antara terigu, sayur mayur dan juga bumbu-bumbu yang bisa bikin enak di lidah ketika menyantapnya. Namun ada satu hal yang membingungkan saya tentang makanan ini. karena sampai saat ini saya belum mengetahui siapa orang yang pertama kali membuat bala-bala (bakwan) ini ? Tapi yang pasti dengan pengolahan yang benar, makanan ini bisa termasuk makanan yang menyehatkan karena terdiri dari beberapa sayur mayur di antaranya wortel, kol, toge, terkadang ada yang mencampurkan dengan sayur bayam.

Nah bagaimana ide saya untuk membuat bala-bala rahasia ini ?
Begini agan-agan. biasanya bala-bala rasanya cuman gurih saja. Nah bagaimana kalau kita buat Bala-Bala yang sedikit berbeda, Kita buat beberapa adonan, jadi tiap adonan mempunyai rasa yang berbeda-beda diantaranya :
  • Rasa Gurih Biasa
  • Rasa Pedas
  • Rasa Extra Pedas
Untuk rasa yang lainnya bisa agan pikirkan sendiri, Bisa dengan rasa udang kalau memang ada untuk penyedap rasa udang, atau juga rasa daging kalau ada penyedap rasa daging.

Nah apabila semua rasa Bala-Bala sudah komplit, maka dalam penjualannya kepada konsumen semua gorengan bala-bala tadi di campur saja jangan di pisah-pisah. jadi  tidak usah di kasih tau mana yang rasa gurih biasa, rasa pedas, ataupun rasa extra pedas dan rasa lain-lainnya. Jadi Rahasia disini pembeli tidak akan tau rasa dari bala-bala ini kecuali disaat pertama kali mencicipi bala-bala tadi. Menarik kan ? Bisa membuat si pembeli menjadi penasaran. Tapi kayaknya agan yang bikin juga pasti penasaran deh soalnya sama pasti tidak tau juga, kan sudah di campur-campur semuanya

Oke deh langsung saja ke bahan-bahan yang di perlukan dan juga cara pembuatannya :

Bahan-bahan yang di perlukan :
  • 100 gr kol di iris-iris kecil
  • 100 gr toge
  •  2 buah wortel diiris-iris menyerupai korek api
  • 100 gr terigu
  • Garam
  • Mecin
  • Penyedap Rasa

Cara Pembuatan :
  1. Masukkan Toge, Kol dan juga Wortel yang sudah di iris-iris tadi kedalam wadah.
  2. Masukkan terigu kedalam wadah tadi lalu tambahkan air mineral secukupnya
  3. Lalu aduk sampai merata, adonannya jangan terlalu encer ataupun terlalu padat
  4. Tambahkan Garam, Mecin dan Penyedap rasa secukupnya, jangan lupa tambahkan merica sedikit saja.
  5. Panaskan Minyak Goreng di dalam alat penggorengan (Katel), tunggu sampai benar-benar panas.
  6. Cetak adonan Bala-bala tadi kedalam cetakan sendok sayur atau kalau agan tidak mau ribet bisa langsung cetak adonan di dalam penggorengan dengan menggunakan sendok makan.
  7. Tunggu sampai matang kira-kira warnanya berubah agak sedikit kecoklatan, lalu angkat
  8. Selesai deh buat Bala-Bala nya, tinggal siap untuk di sajikan
Catatan : Di atas adalah resep adonan bala-bala yang rasa gurih, Untuk resep membuat bala-bala rasa pedas bisa di tambahkan bumbu lada bubuk Secukuponya. disaat proses pembuatan adonan. begitu juga untuk rasa extra pedas bisa di tambahkan bumbu lada bubuk agak banyak. Kalau rasa yang lainnya seperti rasa udang ataupun rasa daging tinggal agan cari sendiri aja bumbunya'

    Seperti biasa, untuk dijadikan bisnis mohon maaf saya tidak bisa merincikan secara jelas. Silahkan agan hitung sendiri baik dari segi modal yang dibutuhkan? berapa harga yang harus dijual per satu bala-bala? karena saya hanya mereferensikan saja  

    Target pemasaran :

    • Ke tetangga sekitar rumah agan
    • Sistim titip ke warung-warung yang ada di sekitar rumah agan
    • Ke warung yang ada di Sekolah Dasar atau Koperasi Sekolah

    Ya mungkin sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, Selamat Mencoba dan Salam Sukses Slalu Untuk yang mau menambahkan untuk referensi kali ini silahkan untuk menulis komentar.

    Artikel Yang Berhubungan