Manfaat Jangkrik atau Cengkerik Yang Unik

Mungkin sudah pada tau binatang yang satu ini, biasa di sebut Jangkrik Atau Cengkerik, serangga yang  masih satu keluarga dengan belalang. Sebagian Orang memanfaatkan serangga ini untuk dijadikan makanan, dan sebagian lagi untuk dijadikan makanan hewan peliharaan mereka seperti Ikan Arwana ataupun Burung Berkicau. Namun siapa sangka di balik semua itu serangga ini menyimpan manfaat yang unik

Mungkin anda tahu jangkrik ini sering mengeluarkan suaranya yang sangat nyaring apabila di malam hari. Nah ternyata suara ini bisa dijadikan cara untuk mengusir tikus, binatang yang selalu meresahkan di rumah kita karena kenakalan-kenakalannya yang membuat kita jengkel.


Bagi yang di rumahnya terdapat tikus-tikus yang susah untuk di musnahkan baik itu dengan racun tikus, dengan ranjau ataupun dengan yang lainnya, namun hasilnya selalu mengecewakan malahan tikus ini selalu lewat dihadapan kita ketika sedang asyik nonton televisi karena memang tikus ini memiliki insting yang tinggi untuk belajar agar terhindar dari jebakan-jebakan kita. maka dengan memelihara jangkrik di rumah kita bisa jadi pilihan alternatif untuk mengusir tikus.

Mengapa demikian ?

Karena tikus tidak suka dengan frekuensi suara-suara nyaring dari derikan sayap Jangkrik ini. sehingga dia akan meninggalkan tempatnya dan tidak akan kembali lagi.

Bagaimana Caranya ?

Untuk caranya gampang-gampang saja :

  1. Karena sekarang mencari jangkrik itu susah maka kita bisa beli di tempat penjualan burung berkicau atau ikan hias yang menjual jangkrik.
  2. Siapkan beberapa Toples transparant atau apa saja yang bisa di buat untuk kandang jangkrik.
  3. Masukkan beberapa helai Pelepah pisang yang sudah kering kedalam toples. 
  4. Setelah selesai, masukkan beberapa jangkrik ke dalam tiap-tiap toples yang sudah di siapkan tadi, lalu
  5. Tempatkan jangkrik tersebut di beberapa tempat yang sering di singgahi tikus. misalkan di dapur, di gudang dll.
  6. Tunggu beberapa hari dijamin tikus-tikus sudah pada kabur.

Catatan : Jangkrik yang bersuara hanya jangkrik yang jantan, untuk makanan jangkrik ayah saya biasanya dikasih sayuran capcai, Agar lebih mantap pelihara juga kucing agar ketika keluar dari rumah kita, kucing ini bertugas sebagai pengeksekusi mati. jadinya tidak akan kembali lagi ke rumah kita karena sudah di makan kucing. : D

Sekian postingan kali ini tentang Manfaat Jangkrik atau Cengkerik Yang Unik, semoga berguna dan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dari keterangan Ayah saya.

Artikel Yang Berhubungan